Budidaya Ikan Pari Hias Air Tawar

Pertanianku – Peluang bisnis budidaya ikan hias selalu terbuka lebar dan memiliki prospek yang bagus. Usaha ini di anggap memiliki peminat yang semakin banyak di Indonesia. Ikan hias yang sedang banyak diminati para pecinta ikan hias adalah ikan pari air tawar.

Harga jual yang tinggi membuat penjual sekaligus pembudidaya ikan pari air tawar bisa mendapatkan keuntungan hingga puluhan juta per bulan. Ikan pari air tawar atau dalam bahasa inggris disebut freshwater stingray, dalam beberapa tahun belakangan ini sangat populer di kalangan pencinta ikan hias.

Ikan ini merupakan spesies ikan yang paling banyak ditemui di sepanjang sungai Amazon dan beberapa negara di Amerika Selatan seperti Peru, Kolumbia, hingga Brazil. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang unik, ditambah cara ikan ini berenang seperti sedang terbang mengepakan sayapnya membuat ikan pari air tawar tak kalah dengan ikan hias jenis lain.

Baca juga nih Cara menanam tanaman angger di ruangan

Ada beberapa jenis ikan pari air tawar, tetapi,yang paling populer adalah jenis leopoldi yang merupakan jenis ikan pari tawar dengan harga paling mahal karena motifnya yang unik dengan warna tutul putih di sekujur tubuhnya yang berwarna hitam.

Keunikan ikan pari

Ikan pari memiliki banyak keunikan yang menyebabkan ikan yang satu ini banyak diminati sebagai objek wisata laut. Hal paling pertama adalah cara dari ikan ini berenang yang mirip dengan burung yang sedang terbang, tetapi di laut.

Selain dari cara berenang dan ukuran yang bisa mencapai raksasa, ikan ini juga memiliki keunikan lainnya. Keunikan kedua adalah rasio dari otak yang terbilang besar. Berkat rasio tersebut, ikan ini dianggap sebagai ikan pintar yang dapat berinteraksi dengan manusia. Ikan ini juga mampu mengenali manusia.

Ikan ini mencari makan dengan jalan menyaring ikan laut dan juga plankton. Ikan ini biasanya mencari plankton di bagian permukaan laut, sehingga teknik pencarian makan seperti ini disebut dengan surface feeding. Ikan ini akan membuka mulut secara lebar untuk menyaring plankton.

Keunikan lainnya dari ikan pari adalah usia yang panjang. Hewan laut yang satu ini dapat hidup di laut dengan usia 40 sampai dengan 50 tahun. Saat ikan sudah menjadi semakin dewasa, maka ia akan dapat menjelajah ke daerah yang lebih jauh.

Ikan ini dapat tertarik dengan manusia. Saat ia tertarik, maka ia akan melakukan gerak memutari manusia. Tapi tenang saja, ikan pari tidak makan manusia, meski ukuran tubuhnya raksasa. Namun, ikan ini akan langsung kabur atau ada yang bisa menyengatkan listrik saat merasa terancam.

CARA MERAWAT IKAN PARI DEWASA

Ikan Pari

Memelihara ikan pari dewasa juga harus dilakukan secara tepat. Bila tidak, maka ikan pari akan merasa mudah stress dan juga bisa mati. Persembunyian di pasir bertujuan untuk menyembunyikan diri dari pemangsa dan juga mempermudah mendapatkan mangsa. Hal paling penting yang harus dilakukan adalah menyediakan tempat yang mirip dengan habitat asli dari ikan pari.

Ikan pari selalu berenang dekat dengan pasir atau substrat untuk berkamuflase di alam liar. Anda yang berniat untuk memelihara ikan pari perlu untuk memperhatikan kondisi tersebut. Perlu untuk menambahkan substrat atau pasir pada tempat kolam tempat ia hidup dengan nyaman.

Setelah itu, Anda juga perlu untuk menambahkan Undergravel Filter untuk dapat merawat substrat yang ada. Filter jenis tersebut akan membantu untuk menyaring ammonia yang dihasilkan dari kotoran ikan pari. Hal ini dapat mencegah perkembangan dari bakteri anaerob yang dapat menjadi patogen bagi ikan pari dalam waktu yang cukup lama.

Saat Anda menambahkan substrat tanpa menambahkan filter khusus tersebut dapat menyebabkan penumpukan ammonia yang merupakan makanan utama dari bakteri anaerob. Perkembang biakan bakteri tersebut akan menjadi cepat. Saat pasir berhamburan terbang dalam akuarium, maka bakteri juga akan turut berterbangan dan tersebar di seluruh penjuru akuarium.

Bakteri anaerob ada yang bersifat patogen dan dapat menyebabkan Sudden Death pada ikan pari. Kematian mendadak tersebut dapat berlangsung hanya beberapa menit saja. Itulah mengapa filter khusus ini perlu untuk dilakukan.

CARA MERAWAT ANAK IKAN PARI

Ikan Pari

Anak ikan pari memiliki daya tahan tubuh yang belum sekuat ikan pari dewasa. Dapat dikatakan bahwa ikan ini yang masih muda lebih rentan akan kematian. Proses pemeliharaan harus dilakukan dengan lebih intensif. Frekuensi pemberian makan juga harus dilakukan dengan lebih rutin. Bahkan, pakan yang diberikan juga harus sangat diperhatikan gizinya.

Ikan pari yang hidup dalam akuarium tidak mungkin mendapatkan plankton untuk jenis yang hidup di laut. Anda perlu untuk memberikan pakan berupa cacing beku. Sesekali, Anda juga bisa memberikan pakan berupa udang kecil hidup.

Kejernihan dan kebersihan dari akuarium juga harus selalu diperhatikan untuk mencegah terjadinya Sudden Death. Pemberian substrat tidak diharuskan, karena mencegah perkembangan dari bakteri anaerob. Anda hanya perlu menambahkan filter biasa dan memberikan banyak hiasan akuarium yang dapat digunakan anak ikan pari untuk bersembunyi.

Anda perlu menggantikan air secara rutin. Air laut yang akan digunakan untuk mengganti juga perlu dicarikan yang berkualitas, sehingga anak ikan pari tidak terinfeksi beragam penyakit. Penggantian filter juga harus dilakukan secara rutin.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>