Manfaat Buah Melon yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Manfaat melon dalam mendukung kesehatan tubuh sudah dikenal luas. Melon tidak hanya memiliki rasa manis dan menyegarkan, tetapi juga bermanfaat untuk kulit, pencernaan, penglihatan dan tulang.

Manfaat melon berasal dari berbagai nutrisi. Ads Beberapa macam jenis nutrisi yang terkandung dalam melon termasuk kalium, asam folat, protein, vitamin C, beta-karoten dan magnesium. Berkat kandungan nturisi dalam melon, buah ini cocok untuk semua orang, termasuk wanita hamil.

Keunggulan Buah Melon adalah:

Kebutuhan cairan tubuh yang cukup

Melon telah terbukti menyegarkan, terutama jika Anda mengkonsumsinya setelah berolahraga atau jika Anda lelah. Ini karena sebagian besar kandungan melon terdiri dari air dan elektrolit, yang membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan dan mencegah dehidrasi.’

Manfaat Buah Melon yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Mendukung kulit yang sehat

Tidak hanya jeruk yang dikenal sebagai vitamin C, melon juga kaya akan vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup mendukung produksi kolagen, sejenis protein yang berperan penting dalam perbaikan dan pemeliharaan jaringan kulit.

Membantu meningkatkan penglihatan

Satu studi menunjukkan bahwa melon mengandung dua jenis antioksidan, lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan mata Anda dan mencegah risiko yang berkaitan dengan usia menurun atau kabur.

 Menjaga kesehatan pencernaan

Melon tidak hanya dikenal karena kandungan vitamin C-nya, mereka juga tinggi serat. Serat sekarang menjadi bagian penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

 Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat melon, yang tidak kalah pentingnya, adalah peningkatan kesehatan tulang. Ini tidak terlepas dari kandungan berbagai nutrisi penting seperti magnesium, asam folat dan vitamin K, yang merupakan komponen utama untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.

Pengurangan tekanan darah tinggi

Salah satu keuntungan utama melon adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi jangan heran jika melon sering dikaitkan sebagai buah untuk penderita tekanan darah tinggi. Ini karena melon mengandung sedikit natrium tetapi banyak potasium.

Untuk memanfaatkan melon, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung sebagai camilan. Anda juga bisa menggabungkan melon dengan buah-buahan dan sayuran lain dalam satu porsi jus, salad, atau smoothie. Jika Anda menderita masalah kesehatan khusus, Anda harus berkonsultasi dengan ahli gizi sebelum mengambilnya.

Menormalkan tekanan darah

Secara umum, makan banyak buah-buahan dan sayuran mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Terutama jika Anda mengonsumsi melon secara teratur, kandungan potasium membantu menjaga tekanan darah normal.

Beri makan tulang

Melon mengandung asam folat, vitamin K dan magnesium, yang telah terbukti memperkuat tulang. Sebagai contoh, asam folat dapat menghancurkan enzim homocystine, yang dapat mengurangi kepadatan tulang jika mengandung terlalu banyak di dalam tubuh.

Sementara vitamin K dalam melon dapat meningkatkan produksi protein dalam tulang yang disebut osteocalcin. Melon juga mengandung nutrisi lain yang juga dibutuhkan oleh tulang, seperti kalsium, fosfor dan seng, tetapi jumlahnya sangat kecil.

Menormalkan kadar gula darah

Konsumsi melon secara teratur terbukti menjaga kadar gula darah tetap normal. Faktanya, Anda 12 persen lebih mungkin menghindari diabetes daripada orang yang jarang makan melon.

Faktanya, karbohidrat dalam melon untuk sementara waktu dapat meningkatkan kadar gula darah. Tetapi serat dan nutrisi lain dalam melon dapat menjaga kadar gula darah Anda normal dalam jangka panjang.

Sebagai cairan elektrolit

Melon terdiri dari 90% air dan elektrolit yang tersisa seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium. Ini membuat melon cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga atau ketika Anda dalam pemulihan, karena dapat membuat Anda terhidrasi untuk jangka waktu yang lama.

Menjaga kulit,tetap fresh

Keuntungan lain dari lemon terkait dengan kandungan vitamin C yang dikandungnya, yang mewakili kulit yang sehat. Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, yang berperan dalam regenerasi kulit. Mengkonsumsi 177 gram melon per hari dikatakan memenuhi 53 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.